Monday, May 15, 2017

MELAWAN BERITA BOHONG DARI INTERNET

 

ADS
Aplikasi Turn Back Hoax Sudah Siap digunakan untuk Memberantas Berita Fitnah

Jakarta - Berita fitnah dan hoax akhir-akhir ini semakin marak ditemukan. Berita tersebut tersebar luas di masyarakat dengan mudah.

Berkaca dari banyaknya berita fitnah dan hoax yang kini tersebar luas, beberapa pembuat aplikasi yang tergabung dalam Masyarakat Anti Fitnah Indonesia mengembangkan aplikasi Turn Back Hoax. Aplikasi berbasis crowdsource dirancang untuk mengumpulkan berbagai informasi fitnah dan hoax, baik itu halaman situs, pesan berantai, maupun gambar. Sehingga nantinya bisa menjadi Basis Data berita fitnah dan hoax.

Basis Data tersebut dapat digunakan oleh masyarakat sebagai tempat rujukan untuk memverifikasi informasi yang diterima. Lebih lanjut, Basis Data tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan analisis seperti:

1. mengetahui pola berita fitnah dan hoax
2. pengelompokan topik-topik hoax
3. orang atau kelompok yang diserang
4. media yang digunakan
5. dan lain-lain

Sebagaimana layaknya sebuah aplikasi crowdsource, Turn Back Hoax mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax yang tersebar luas melalui aplikasi tesebut.

Saat ini aplikasi Turn Back Hoax baru tersedia di Google Chrome extension. Dalam waktu dekat tim pengembang akan menyiapkan aplikasi Turn Back Hoax untuk Android dan IOS. Untuk mengakses Basis Data berita fitnah dan hoax, masyarakat bisa membuka data.turnbackhoax.id menggunakan peramban Safari, Chrome, dan Firefox.

Cara penggunaan aplikasi Turn Back Hoax dapat dilihat di bit.ly/manual-tbh atau bit.ly/video-tbh

"Ayo kita gotong royong kumpulkan berita fitnah dan hoax. Kemudian kita analisis bareng-bareng. Lalu kita lawan penyebaran berita fitnah dan hoax dengan DATA!"

Semoga bahagia dengan Chocordan Mami Muda ya

No comments:
Write komentar