Monday, May 15, 2017

CAT MOBIL MENGKILAP, INI CARA MERAWATNYA

 

ADS
Beda dengan investasi di bidang properti atau tanah yang grafik harganya naik terus tiap tahun, mobil merupakan investasi yang nilainya terus menyusut. Tiap merek, sesuai nilainya di mata buyer, punya kencenderungan terdepresiasi. Hal ini memang tak terelakan. Namun dengan beberapa syarat, rumus itu bisa di-counter.

Selain kondisi jeroan, cat adalah faktor yang sangat menentukan harga purnajual. Mobkas yang catnya masih asli - apalagi mulus - memiliki nilai tawar lebih tinggi dari harga pasaran. Lalu bagaimana cara supaya kondisi cat bisa maksimal? Apakah harus poles sebulan sekali, atau mandi tiap hari?

Cuci mobil tiap hari
Mengingat fungsinya sebagai pelindung, cat mobil punya karakter mirip kulit manusia atau pakaian. Supaya kondisi tetap terjaga, butuh perawatan yang tepat. Mirip manusia yang mandi atau menyuci baju setiap hari. Cat juga butuh dimandikan tiap hari karena langsung berhadapan dengan matahari, air hujan dan kotoran. Kalau mobil tak mandi beberapa hari saja, muncul jamur di permukaan cat.

Waktu ideal untuk mencuci adalah pagi hari. Asumsinya, sisa-sisa air sehabis mencuci akan mengering saat siang hingga tak menimbulkan karat. Namun bila sempat terkena hujan, baiknya mobil dicuci secepat mungkin. Kalau hujannya malam, cukup bilas dan usap dengan tangan dan jangan lupa dikeringkan. Selain menghilangan kotoran, juga menetralkan asam air hujan.

Wax Coating
Selain itu, kondisi cuaca di daerah tropis seperti Indonesia, membuat mandi teratur saja tak cukup. Butuh perawatan ekstra supaya tetap awet. Setelah cat berumur kurang lebih empat bulan. Ada baiknya menggunakan lapisan wax. Bahan silikonnya akan melindungi cat dari sengatan matahari, ataupun oksidasi yang menimbulkan jamur dan korosi. Waxing idealnya dilakukan seminggu dua kali.

Parkir di tempat terlindung
Memarkir atau menyimpan mobil idealnya di lokasi teduh dan sejuk. Tapi teduh saja tak cukup melindungi cat Anda. Parkir di bawah pohon rindang punya beberapa risiko. Selain getah, parkir di bawah pohon berisiko kejatuhan ranting atau kotoran burung. Bila terpaksa di bawah pohon, pastikan tanaman itu tidak sedang berbuah atau jadi sarang burung.

Cepat sembuhkan luka
Kalau cat sempat tergores, baiknya langsung direparasi. Sebab bagian yang cacat atau baret, sudah tak terlindung cat hingga lebih mudah terserang karat.

Mencuci mobil ideal

1. Hindari terik sinar matahari

2. Pastikan mobil dalam keadaan dingin/normal

3. Sebelum memakai shampo, bilas dulu dengan air dan usap dengan tangan untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran

4. Gunakan selalu shampo mobil

5. Gunakan spons saat mencuci

6. Cuci lebih dulu bagian bawah (roda dan kolong sepatbor)

7. Selalu mulai dari bagian belakang atas saat mencuci bodi

8. Jangan gunakan jet spray untuk bagian bodi, nosel selang taman sudah cukup

9. Segera keringkan dengan lap chamois setelah mencuci

10. Jangan gunakan spons atau chamois yang sama untuk bodi dan bagian bawah

Perilaku bersahabat dengan cat

1. Jangan bersandar di mobil, apalagi pakai celana jeans yang bisa merusak cat

2. Jangan menaruh apapun di bodi mobil

3. Selalu gunakan silikon spray setelah melubangi bagian bodi di bagian yang dilubangi (pasang roof-rail atau aksesori)

4. Hindari kontaminasi seperti bensin/solar, alkohol (dari parfum), atau bahan kimia di cat mobil. Bila terkena, secepatnya bersihkan dengan air

5. Hindari pemakaian deterjen untuk mencuci mobil

6. Saat waxing, selalu lakukan dengan gerakan berputar di bidang cat

7. Di area parkir, sebisanya parkir di sebelah mobil baru/mulus dengan asumsi pemiliknya akan berhati-hati saat membuka pintu

8. Bila memakai car cover, pastikan bagian dalamnya selalu bersih hingga tak melukai cat. Bila tak terpakai, lipat dan simpan car-cover di tempat yang kering dan bersih.
Semoga bahagia dengan Chocordan Mami Muda ya

No comments:
Write komentar