Friday, April 14, 2017

RESEP MENU BUKA PUASA SEDERHANA KOLAK MASNIS PISANG SINGKONG

 

ADS
Blognyaibuibu - Sahabat aneka resep ibu, sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan lo. Sudah kebayang belom sahabat ibu mau membuat menu berbuka uasa apa saja selama satu bulan penuh? Apapun daftar masakanya tentu tidak ketinggalan minuman legendaris untuk berbuka puasa yang satu ini kan?

Ya kolak adalah menu legendaris yang rasanya melekat erat dengan menu buka puasa. Disamping rasanya yang manis, sahabat ibupun bisa mengiisinya dengan beraneka ragam kombinasi buah-buahan. Namun pada ulasan kali ini kita justru akan menulis resep kolak sederhana. Karena dengan kita belajar membuat kolak sederhana ini kelak kita juga dapat membuat kolak yang beraneka ragam loh. Tinggal kreatifitas dan improvisasi campuran isi kolak saja.

Kolak sederhana kali ini berisi kolak pisang dan singkong. Tentu kolak ini sangat mudah cara membuatnya sehingga semua sahabat Ibu dapat membuatnya baik di kos, dikontrakan, bahkan dikantor sekalipun (selagi ada perlengkapan memasak) hehehe Oke berikut cara membuat kolak manis sederhana berisi pisang dan singkong; 

 Bahan-bahan
8 buah pisang 
2 batang singkong
250 gr santan (kira kira aja sih, saja pakai 250 gr kelapa parut)
5 sendok gula 
4 buah gula jawa (bentuknya bulet bulet / sesuai selera)
2 daun pandan garam(sesuai selera) 

Oh iya sahab Ibu, resep kolak pisang singkong masnis sederhana ini disajikan untuk 7 (tujuh) mangkuk.



 Cara membuat
1 Peras kelapa hingga santannya cukup untuk digunakan.
2 Rebus pisang dan singkong (air rebusannya dikira kira yaa)
3 Setelah pisang dan singkongnyaa udah ga keras lagi masukkan santan
4 Aduk pelan pelan dan tambahkan gula jawa, gula pasir, garam dan daun pandan
5 Tetap diaduk pelan pelan hingga dirasa gula jawa hancur
6 Setelah mendidih tes rasa supaya sesuai selera. 

 Eits sahabat ibu, untuk cara mengetes rasa ini cukup beberapa tetes saja loh ya jangan satu gelas. Nanti bisa batal puasanya. Nah demikian resep kolak sederhana dengan isi pisang dan singkong Sangat cocok bukan? Terutama untuk sahabat Ibu yang sedang jauh dari rumah dan kangen dengan kolak bikinan Ibu dirumah Semangat mencoba menu blognyaiuibu sahabat ibu. (SA/Bii)

No comments:
Write komentar