Hati-hati bila menerobos palang pintu kereta Api
Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan sebidang rel KA
Penjelasan teknis :
Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dari lokomotif.
Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA.
Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum Kereta Api mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel Kereta Api yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt mati.
Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda, karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali.
Maka di sarankan jangan melintasi rel Kereta Api bila sudah terlihat Kereta Api walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan sebidang demi keselamatan anda, Ingat Kereta Api tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidak ada friksi, rata rata Kereta Api akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem. (Bagas Senoadji/PPNS Perkeretaapian)
Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit Dari pada Kehilangan Nyawa Karena 1 Menit
_*Share Artikel ini bila menurut anda bermanfaat untuk orang lain !!!*_
Semoga bahagia dengan Chocordan Mami Muda ya
Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan sebidang rel KA
Penjelasan teknis :
Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dari lokomotif.
Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA.
Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum Kereta Api mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel Kereta Api yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt mati.
Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda, karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali.
Maka di sarankan jangan melintasi rel Kereta Api bila sudah terlihat Kereta Api walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan sebidang demi keselamatan anda, Ingat Kereta Api tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidak ada friksi, rata rata Kereta Api akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem. (Bagas Senoadji/PPNS Perkeretaapian)
Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit Dari pada Kehilangan Nyawa Karena 1 Menit
_*Share Artikel ini bila menurut anda bermanfaat untuk orang lain !!!*_
Semoga bahagia dengan Chocordan Mami Muda ya
No comments:
Write komentar